Terpilih Secara Aklamasi, Kongres Perdana Desa Bersatu Tetapkan Asri Anas sebagai Ketua Umum

WARTARAKYAT.ID- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Muhammad Tito Karnavian mewakili Joko Widodo Presiden Repubilik Indonesia resmi membuka Kongres Desa Indonesia yang pertama tahun 2024 yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jakarta.

Kongres perdana Desa Bersatu berlansung di diikuti oleh 8 organisasi-organisasi desa tingkat nasional yang terhimpun dalam Desa Bersatu ini secara aklamasi dengan musyawarah mufakat memutuskan Tokoh Nasional yang selalu memperjuangkan aspirasi desa, Muhammad Asri Anas menjadi Ketua Umum Desa Bersatu.

Menteri Dalam Negeri yang juga Pembina Desa Bersatu dalam sambutannya menyampaikan pesan dan harapan Presiden Jokowi kepada para peserta Kongres Desa Bersatu untuk terus mengawal kebijakan-kebijakan dan program strategis pemerintah yang terkait dengan desa untuk memajukan Indonesia.

Asri Anas ditetapkan sebagai Ketua Umum dalam Sidang Pleno, setelah 8 pimpinan organisasi menyampaikan pandangan umum. Organisasi-organisasi desa yang terhimpum dalam Desa Bersatu diantaranya, Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Persatuan Rakyat Desa Nusantara (PARADE NUSANTARA), Asosiasi Kepala Desa Indonesia (AKSI), Dewan Pimpinan Nasional Persatuan Perangkat Desa Indonesia (DPN PPDI), Pengurus Pusat Persatuan Perangkat Desa (PP PPDI), Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS), Persatuan Anggota BPD Seluruh Indonesia (PABPDSI), Komunitas Purnabakti Kepala Desa dan Lurah seluruh Indonesia (KOMPAKDESI).

Baca Juga :  Format Buru Jakarta Diskusi Sikapi Janji 100 Hari Kerja Gubernur Maluku

Setelah resmi dideklarasikan nantinya Desa Bersatu akan menjadi wadah perjuangan dan koordinasi 8 organisasi desa untuk menyuarakan kepentingan desa seluruh Indonesia. Secara khusus, diharapkan dapat mendorong peradaban desa-desa Indonesia dan melahirkan kader-kader pemimpin bangsa merupakan tujuan dibentuknya Desa Bersatu.

Ketua Umum terpilih Asri Anas mengungkapkan Desa Bersatu setelah berhasil mengawal disahkannya Undang-Undang Desa nantinya juga akan mengawal kebijakan-kebijakan strategis lainnya yang berkaitan dengan masyarakat dan kepentingan desa.

“Dengan adanya Desa Bersatu ini kita akan menjadi semakin solid dan terorganisir sehingga nantinya kita dapat mengawal kebijakan-kebijakan dengan lebih efektif dari pusat hingga implemntasinya di desa-desa. Mulai dari kebijakan penggunaan dana desa, penanganan kemiskinan desa, bantuan permodalan kepada BUMDes hingga pelibatan PKK untuk program makan siang gratis” Ungkap Asri Anas.

Baca Juga :  Tanggapan Eksponen Pergerakan 98 Tentang Pidato Jokowi

Dalam Kongres Desa Bersatu ini selain dihadiri Muhammad Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri RI) juga dihadiri oleh sejumlah tokoh nasional lain diantaranya Bambang Soesatyo ( Ketua MPR RI), Reda Manthovani (Jaksa Agung Muda), dan Burhanuddin Abdullah yang merupakan Ketua Dewan Pakar Presiden terpilih 2024/2029 Prabowo-Gibran.

Berikut profil Muhammad Asri Anas, Ketua Umum Desa Bersatu terpilih :
1. Anggota DPD RI/ MPR RI Periode 2009-2019
2. Wakil Ketua Badan Anggaran MPR RI Periode 2014-2019
3. Koordinator Tim Kerja 8 Organisasi Desa Nasional Dalam Membahas Revisi UU Desa bersama DPR RI
3. Ketua Umum Desa Bersatu
4. Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi DPP APDESI
5. Mantan Wakil Ketua Umum DPP HIPMI
6. Mantan Wakil Ketua Umum KNPI
7. Mantan Ketua Senat Mahasiswa Universitas Hasanuddin. (ELC)

Loading...