Panjang 54 KM, Pembangunan Tol Bocimi Selesai 2026

Panjang 54 KM, Pembangunan Tol Bocimi Selesai 2026
Tol Bocimi Seksi 2 Cigomobong-Cibadak

WARTARAKYAT.ID – Pembanguan jalan tol Bocimi (Bogor–Ciawi-Sukabumi) secara keseluruhan memiliki panjang 54 kilometer yang terbagi menjadi empat seksi. Seksi I yaitu Ciawi-Cigombong dengan panjang 15,35 km, seksi II Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km. Adapaun seksi III Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 km serta seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Pemerintah memproyeksikan jalan bebas hambatan ini dapat berkoneksi dengan beberapa tempat pariwisata Jawa Barat. Seperti pantai di Pelabuhan Ratu, Ujung Genteng, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede yang dapat menarik wisatawan dan meningkatkan perekonomian.

Kehadian tol Bocimi disebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan menuju wilayah Sukabumi, salah satunya akses menuju ke Pelabuhan Ratu. Dimana nantinya dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu dapat ditempuh hanya waktu 2,5 jam.

Hasil pemantauan tim wartarakyat.id dilapangan untuk tol Bocimi seksi 1 dengan Panjang 15,5 km. Dimana pintu keluar masuk ruas Bogor – Cigombong ini berada di daerah Benda sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Baca Juga :  Bertemu JK di Kantor Wakil Presiden, GMKI Komitmen Perangi Intoleransi

Sedangkan untuk seksi 2 dengan panjang ruas ,11,9 km sudah mulai di buka untuk percobaan pada 23 Desember 2022 ini. Dengan pintu keluar dan masuk berada di Sundawenang, Parungkuda.

Dengan selesainya dua ruas tol tersebut maka panjang tol Bocimi yang sudah efektif dipergunakan sepanjang 24 Km.

Loading...