Mantan Tiga Petinggi Commerce Finance Resmi Dilaporkan Atas Dugaan Penipuan

WARTARAKYAT – Pria bernama A.Samuel yang diduga menjadi korban penipuan dan perbuatan curang resmi melaporkan mantan tiga petinggi di PT Commerce Finance (CF) sehubungan dengan transaksi penjualan saham CF ke pihak investor pada tahun 2019.

Laporan dengan nomor LP/B/3460/VI/2023/SPKT/Polda Metro Jaya atas dugaan tindak pidana penipuan / perbuatan curang UU Nomor 1 tentang KUHP pasal 378 dan atau 372 dan atau Pasal 3,4,5 UU RI No.8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), dengan pihak terlapor Ivan Sebastian (direktur utama CF), Medwin Rukmana W (Komisaris CF) dan David Herman Jaya (pemegang saham CF).

Edwin Pakpahan, SH, MH, CLA, selaku kuasa hukum A.Samuel mengatakan bahwa kliennya tahun 2018 diminta David Herman Jaya bersama-sama Ivan Sebastian dan Medwin Rukmana W untuk mencarikan investor yang ingin membeli CF, dan untuk tugas tersebut klien saya dan Ivan Sebastian menanda-tangani perjanjian kesepakatan kerjasama termasuk pemberian fee / komisi.

Baca Juga :  Jalan Tol Kalikangkung-Cikampek Utama Diberlakukan Sistem One Way

“Selama proses tersebut klien saya kerap melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Ivan Sebastian dan Medwin Rukmana W lewat puluhan kali pertemuan untuk proses penjualan,” kata Edwin, Jumat (8/9/2023).

Namun setelah terlaksananya jual beli saham Commerce Finance kepada Turbo Cash pada tahun 2019, ke tiga terlapor mengingkari janji dan kesepakatan yang sudah dibuat. Janji dari Ivan Sebastian dan Medwin Rukmana W untuk membayar tidak kunjung diwujudkan padahal dana, tenaga, pikiran, waktu yang dihabiskan klien saya sangat besar selama masa tersebut.

“Karena tidak adanya itikad baik dari ke tiga orang tersebut akhirnya klien saya memutuskan untuk melaporkan ke pihak yang berwenang,” ujarnya.

Informasi kami di lapangan menemukan bahwa David Herman Jaya adalah konglomerat (dikutip okezone.com tgl 2 Februari 2023 menyebutkan sebagai salah satu orang terkaya di Magelang) bos New Armada Group yang merupakan dealer mobil dan motor (otomotif); karoseri dan lembaga keuangan dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan dan lain-lain; terkenal juga sebagai seorang konglomerat dan tokoh agama Ketua Walubi Jawa Tengah dan tokoh masyarakat di Jawa Tengah.

Baca Juga :  Pemkab Pali Bangun Pos Terpadu Guna Amankan Titik Rawan

“Sedangkan Medwin Rukmana W (putera David HJ) selain Komisaris CF yang bersangkutan juga komisaris dari dealer-dealer group New Armada dan Komisaris dari Armada Finance dan beberapa BPR di Jawa Tengah (dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan) dan isterinya pun memiliki dealer di Sumatera, lalu Ivan Sebastian (direktur CF) saat ini tercatat sebagai wakil Direktur Bussan Auto Finance berizin dan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, perusahaan leasing Jepang yang berkantor di Lenteng Agung,” paparnya. (ELC)

Loading...