Bupati Sukabumi; Swasembada Pangan 2023 Tergantung Peran Mitra Cai

Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara sosialisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Mitra Cai yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhakti PU ke-77

WARTARAKYAT.IDBupati Sukabumi Marwan Hamami membuka acara sosialisasi Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) atau Mitra Cai yang merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhakti PU ke-77. Rabu (7/12/2022).

Momen tersebut terpantau dari unggahan akun facebook milik Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Sukabumi @Dinas PU Kab. Sukabumi, kamis, 08/12/2022.

Dalam sambutannya, seperti ditulis dalam unggahan tersebut. Bahwa pemerintah Kabupaten Sukabumi terus berupaya memberikan dukungan kepada para petani agar sejahtera.

“Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Tengah terus berupaya memberikan dukungan kepada kelompok P3A melalui berbagai hal yang dilakukan. Guna memberikan ruang bagi potensi yang dimiliki, Sehingga dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya para petani.” Ujar Marwan.

Menurutnya, keberadaan kelompok P3A di Sukabumi ini sangat luar biasa, kebijakan yang membuat perubahan suatu lingkungan ada pada kelompok ini. “Oleh karena itu Bapak dan Ibu harus bisa mengelola aliran irigasi secara baik dan optimal,” tambahnya.

Baca Juga :  Bawaslu Raja Ampat Awasi Perekrutan Panitia Pemilihan Distrik
Bupati menjelaskan, Melalui kegiatan ini P3A  mampu menguatkan peran dan fungsinya. Sesuai kapasitasnya masing-masing, Terutama dalam penerapan peran secara penuh. Melalui pemeliharaan jaringan irigasi tersier serta berpartisipasi pada sistem irigasi primer dan sekunder.

“Jadi pengelolaan sistem irigasi yang didorong pemerintah ini harus dijaga secara baik, terutama dalam menjaga keutuhan lingkungan disekitarnya,” jelasnya.

Dikatakan Bupati ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, Untuk mempertahankan kelestarian swasembada lingkungan. Diantaranya melalui perawatan, Perbaikan pencegahan dan pengamanan yang dilakukan secara berkala.

“Bagaimana kondisi swasembada di tahun 2023 Kabupaten Sukabumi aman dan tercukupi, maka peran bapak dan ibu lakukan keempat langkah tadi,” Katanya.

Bupati berharap, Mitra Cai Kabupaten Sukabumi harus bijak dan bersinergi dalam menghadapi persoalan dilapangan untuk membangun kawasan lingkungan secara baik dan optimal.

Baca Juga :  Kapal Mewah Asal Bahama MV The World Sandar di Raja Ampat

“Kabupaten Sukabumi tidak akan swasembada pangan terutama beras kalau tidak ada peran dari bapa-bapa mitra cai semua,” ujar marwan.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Sukabumi Asep Japar menambahkan, P3A ini merupakan suatu wadah para petani untuk saling bertukar pikiran, curah pendapat serta membuat keputusan-keputusan guna memecahkan permasalahan yang dihadapi bersama.

“Sebanyak 156 Mitra Cai di Kabupaten Sukabumi dapat memberikan pelayanan kebutuhan petani. Terutama dalam hal memenuhi kebutuhan irigasi untuk usaha pertanian di masing-masing wilayah,” ucap Asep Japar.

Dalam kesempatan itu 156 Mita Cai yang tergabung dalam Kelompok P3A secara simbolis diberikan penghargaan berupa akta notaris P3A oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami, didampingi dinas PU Kabupaten Sukabumi, Asep Japar. (SAM)

Loading...