Terima WTP Keenam Kali, DPRD Raja Ampat Apresiasi Bupati Raja Ampat

Terima WTP Keenam Kali, DPRD Raja Ampat Apresiasi Bupati Raja Ampat
Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE (Kiri), Orideko Burdam Kepala BPKAD Raja Ampat (Tengah), Abdul Wahab Warwey, Ketua DPRD Raja Ampat (Kanan)

WARTARAKYAT.ID – Ketua DPRD Kabupaten Raja Ampat Abdul Wahab Warwey mengapresiasi Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati yang mencatat prestasi menerima opini Wajar Tanpa Perkecualian (WTP) untuk yang keenam kali.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Papua Barat menyerahkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK atas laporan keuangan Pemda Raja Ampat tahun anggaran 2019, Kamis (18/6/2020). Kepala Perwakilan BPK Papua Barat, Arjuna Sakir menyatakan BPK telah melaksanakan pemeriksaan atas laporan keuangan Pemda Raja Ampat T.A.2019 yang bertujuan memberi opini atau pendapat yg memadai apakah laporan keuangan telah disajikan secara wajar dengan didasarkan pada kesesuaian dan standar akuntansi pemerintah, kecukupan pengungkapan efektivitas pengendalian dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan BPK, BPK perwakilan provinsi Papua Barat memberikan Opini WTP kepada Pemda Raja Ampat. WTP ini merupakan yang keenam kalinya bagi pemda Raja Ampat” kata Arjuna.

Baca Juga :  Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Pimpin Sertijab Kepala Staf

Menurutnya pencapaian opini tersebut menunjukkan adanya komitmen dari kepala daerah yang melakukan pengelolaan keuangan daerah secara akuntabel dan transparan. BPK berkomitmen untuk terus mendampingi pemda Raja Ampat melalui rekomendasi untuk melakukan perbaikan tatakelola keuangan yang baik secara berkelanjutan, sistemik dan konsisten.

Sementara itu Abdul Faris Umlati menyampaikan rasa syukur atas penilaian atau opini WTP yang diterima Pemda Raja Ampat.

“Saya secara pribadi mewakili masarakat dan pemerintah, kami berikan apresiasi kepada BPK yang telah menilai tata kelola keuangan pemda tahun anggaran 2019 sehingga mendapat opini WTP keenam kalinya” kata AFU.

Ia juga menyatakan tetap berkomitmen memperbaiki dan mengevaluasi hasil penilain BPK khususnya hal-hal yang menjadi catatan dalam pengelolaan keuangan daerah.

Adapun Ketua DPRD Raja Ampat menyampaikan apresiasi kepada Bupati Raja Ampat yang sukses mendapatkan opini WTP dari BPK.

Baca Juga :  Pendopo Banyuwangi Membuat Dua Kepala Daerah Jatuh Cinta

“Saya mengapresiasi sekali kepada Pak Bupati, Pemda Raja Ampat yang begitu luar biasa sekali dalam hal keuangan yang sudah sangat tertib , saya juga mengapresiasi kepada BPK yang membantu dan mengawal keuangan daerah, saya harap ini menjadi motivasi bagi pemda untuk tetap maju dan lebih tertib lagi dalam pengelolaan keuangan” terang Warwey.

Ia juga mengingatkan Pemda untuk mengevaluasi dan memperbaiki catatan-catatan yang diberikan BPK agar pengelolaan keuangan lebih tertib. Kesuksesan meraih opini WTP atas laporan keuangan Tahun Anggaran 2019 maka Raja Ampat telah mendapatkan WTP enam kali dari BPK Papua barat.

LHP diserahkan langsung Kepala Perwakilan BPK Papua Barat dan Jajarannya Kepada Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati, SE dan Ketua DPRD Kabupaten Raja Ampat, Abdul Wahab Warwey, disaksikan Kepala BPKAD Raja Ampat dan Kepala Inspektorat Raja Ampat. (HSG)

Loading...